Andrypen's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Kenaikan Gaji PNS Picu Melonjaknya Harga Pangan

Kebijakan pemerintah menaikkan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebesar 20 persen pada tahun 2008, menjadi salah satu faktor pemicu melonjak harga sejumlah bahan pangan, baik tingkat nasional hingga di daerah.

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, jika ada kenaikan gaji PNS atau harga Bahan Bakar Minyak (BBM), berdampak pada kenaikan harga bahan kebutuhan pokok, kata anggota Komisi B bidang Perekonomian, Edison Masengi, Kamis di Manado.

Melonjaknya harga kebutuhan pokok jelang pemberlakuan kenaikan gaji PNS, sudah menjadi mekanisme pasar yang harus diterima masyarakat, karena telah dimanfaatkan pengusaha atau pedagang.

Menurutnya, walaupun substansi utama kenaikan harga kebutuhan pokok, lebih dipicu gejolak ekonomi global yang ditandai naiknya harga minyak mentah dunia, pembatasan impor pangan dari luar negeri dan sebagainya.

Staf PNS Pemerintah Propinsi (Pemprop) Sulut, Jemmy Pangkey mengatakan, kenaikan gaji 20 persen, dinilai sangat bermanfaat bagi keluarganya, hanya saja tidak bisa diimbangi dengan meningkatnya biaya belanja kebutuhan pokok setiap hari.

Kenaikan harga bahan kebutuhan pokok, seperti beras, minyak goreng, gula pasir, kedelai hingga kebutuhan lainnya, sangat memberatkan, kata staf Humas golongan II itu, padahal sudah mengabdi sebagai PNS selama 20 tahun.

Pangkey mengharapkan, pedagang di Sulut tidak memanfaatkan kenaikan gaji PNS untuk menaikkan harga kebutuhan pokok, karena bisa memiliki dampak buruk bagi masyarakat umumnya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: