Andrypen's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Posted by ANDRY pada Juli 19, 2008

Fenomena yang banyak terjadi saat ini adalah banyak instansi atau perorangan yang ingin mendayagunakan komputernya meskipun kecepatan dan media penyimpanan minimum, tetapi komputer tersebut masih dapat dipergunakan dengan baik pada sebuah jaringan, baik untuk mengakses informasi local ataupun global. Salah satu pendayagunaan komputer tersebut dapat diimplementasikan dengan menghubungkan komputer tersebut kedalam sebuah jaringan, jaringan yang dimaksud adalah jaringan tanpa harddisk (Diksless) berbasis Linux.
Adapun tujuan dari penulisan ini yaitu :


Dengan Network Diskless biaya yang dikeluarkan sangat rendah dibandingkan menggunakan jaringan biasa.
Backup data terpusat di server.
Keamanan data terpusat di server.
Pemeliharaan dilakukan pada satu komputer, yaitu komputer server.
Mengoptimalkan sumber daya yang ada (komputer lama).

<!–
google_ad_client = “pub-6686029821961347”;
google_ad_type = “text”;
google_ad_channel = “”;
google_ad_width = 120;
google_ad_height = 240;
google_ad_format = “120x240_as”;
google_color_border = “336699”;
google_color_bg = “FFFFFF”;
google_color_link = “336699”;
google_color_url = “FF8C00”;
google_color_text = “000000”;
//–>

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi komputasi berkembang dengan pesat. Hal ini dibuktikan dengan lahirnya Personal Computer (PC) canggih generasi Pentium IV dengan kecepatan 3.0 GHz ke atas dan media penyimpanan yang semakin besar kapasitasnya. Perkembangan ini diikuti pula dengan perkembangan perangkat lunak, seolah – olah perangkat lunak tersebut dirancang untuk PC tersebut. Fenomena yang ada saat ini banyak orang yang ingin mendayagunakan komputernya meskipun kecepatan dan media penyimpanan minimum, agar masih dapat dipergunakan dengan baik pada sebuah jaringan, baik untuk mengakses informasi local ataupun global, salah satu pendayagunaan komputer tersebut dapat diimplementasikan dengan menghubungkan komputer tersebut kedalam sebuah jaringan, jaringan yang dimaksud adalah jaringan tampa harddisk (Diskless) berbasis Linux.
Kehadiran Linux di dalam dunia teknologi informasi tidak hanya sekedar merupakan kehadiran sebuah sistem operasi alternatif belaka, namun lebih jauh lagi merupakan pemicu adanya peningkatan dibidang industri perangkat lunak karana yang sifatnya open source didunia pemrograman dan pengembangan perangkat lunak. Masalah yang menjadi dasar pertanyaan adalah bagaimana proses jaringan diskless yang diterapkan berjalan dengan baik sedangkan computer client yang terhubung ke server tidak dilengkapi dengan media penyimpanan yaitu harddisk dan tidak memiliki sistem operasi, sehingga dalam hal ini memerlukan media untuk malakukan boot di computer client dan mendapatkan sumberdaya dari computer server, media tersebut adalah dengan menggunakan sebuah kernel, namun apakah kernel tersebut telah sesuai dengan perangkat keras computer client dan prosedur jaringan tanpa harddisk.
Berdasarkan penelitian penulis selama mengikuti kegiatan praktek kerja lapangan di PT. Nusantara Turbin dan Propulsi dari tanggal 2 mei sampai tanggal 29 Juli 2005, maka penulis mengajukan laporan tugas akhir berjudul “ PERANCANGAN NETWORK DISKLESS BERBSIS LINUX MANDRAKE 8.2 ”

1.2 Indentifikasi Masalah
Selama melakukan penelitian di PT. Nusantara Turbin dan Propulsi, penulis mencoba untuk mengidentifikasikan masalah. Masalah yang berhasil penulis identifikasikan adalah sebagai berikut :
1.Banyak komputer lama yang tersimpan di gudang, sehingga membutuhkan ruangan untuk penyimpanan komputer tersebut.
2.Banyak permintaan dari user yang membutuhkan komputer, sedangkan tidak ada anggaran untuk membeli komputer baru yang dibutuhkan user.

1.3 Batasan Permasalahan
Berdasarkan persoalan yang timbul dalam penelitian skripsi pada network diskless, penulis membatasi permasalahan agar penelitian lebih terarah dan tujuan penelitian dapat tercapai, batasan masalah ditekankan pada:
a.Bagaimana mengkonfigurasi server diskless.
b.Bagaimana mengkonfigurasi client diskless.
c.Perancangan arsitektur jaringan diskless

1.4 Tujuan
Tujuan pembuatan network diskless adalah sebagai berikut :
a.Biaya yang dikeluarkan sangat rendah dibandingkan menggunakan jaringan biasa.
b.Backup data terpusat di server.
c.Keamanan data terpusat di server.
d.Pemeliharaan dilakukan pada satu komputer, yaitu komputer server.
e.mengoptimalkan sumber daya yang ada (komputer lama)

1.5 Metodologi
Metodologi yang dilakukan untuk menyelasaikan laporan skripsi ini penulis menggunakan beberapa metode diantaranya:

1.Observasi
Melakukan pengamatan langsung secara uji coba dilapangan.

2.Wawancara
Melakukan tanya jawab kepada pihak yang menguasai dan memahami tentang masalah yang penulis teliti.

3.Studi Literatur
Mencari sumber referensi baik dari buku atau internet yang berkaitan dengan masalah penelitian skripsi yang penulis kemukakan.

1.6 Sistematika Penulisan
Agar semua aktivitas yang dilakukan dapat disusun dalam suatu bentuk laporan maka berikut ini akan dijelaskan hal – hal pokok dari masing- masing bab yang disusun saling berkaitan satu sama lainnya. Dimana sistematika penulisan skripsi minor ini terbagi menjadi lima bab, yaitu :

BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini berisi tentang ilustrasi keseluruhan isi dari Tugas Akhir mulai dari Latar Belakang Masalah, mengapa masalah itu timbul, Gambaran tentang batasan masalah , Perfomance yang ingin diciptakan dan gambaran sistematika penulisan dalam Tugas Akhir.

BAB II LANDASAN TEORI
Pada bab ini penulis menguraikan semua teori – teori tentang permasalahan yang di bahas dalam skripsi minor mulai dari Teori Tentang Permasalahan, sampai dengan Metodologi yang digunakan

BAB III ANALISIS MASALAH
Pada bab ini membahas tentang tahapan analisis sistem berjalan mulai dari tinjauan Organisasi, sampai dengan Kinerja Sistem yang diharapkan.

BAB IV RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI
Pada bab ini berisi tentang detail hasil perancangan sistem jaringan yang telah dievaluasi pada BAB III, mulai dari konfigurasi server diskless, konfigurasi client diskless sampai dengan rencana penerapannya.
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN – SARAN
Berisi tentang kesimpulan mengenai konfigurasi jaringan tanpa harddisk dan saran yang kiranya dapat bermanfaat bagi rekan-rekan mahasiswa dan pembaca.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: