Andrypen's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Upaya RI Atasi Kabut Asap Dipuji Asia Tenggara

Posted by ANDRY pada Juni 26, 2008

Pejabat-pejabat Asia Tenggara memuji upaya pemerintah Indonesia untuk mengurangi kabut asap. Kabut asap akibat pembakaran hutan di Indonesia itu, setiap tahunnya menyerang negara-negara Asia Tenggara.

Kabut asap itu biasanya terjadi pada Mei hingga Oktober setiap tahunnya. “Saya tidak bisa bilang kalau tak akan ada kabut asap,” kata Yaacob Ibrahim, Menteri Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Air Singapura.

Hal tersebut disampaikan Yaacob usai pembicaraan dengan para pejabat regional mengenai cara-cara mengatasi kabut asap. Demikian seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (23/6/2008).

“Namun meski begitu, kami juga mencatat upaya-upaya mitra senegara kita Indonesia. Mereka telah menetapkan target dan menegaskan target itu untuk mengurangi titik-titik api hingga 50 persen, dan kita sambut itu,” imbuh Yaacob.

Menurut petinggi negeri Singaitu, target itu mendorong adanya optimisme bahwa “situasi ini akan sedikit lebih baik” daripada tahun 2006, saat kabut asap parah yang terakhir.

Dalam pertemuan di Singapura itu, perwakilan dari Brunei, Malaysia, Thailand dan Indonesia juga hadir. “Selama beberapa bulan ke depan, aktivitas titik api yang meningkat mungkin terjadi di wilayah-wilayah rentan kebakaran di Sumatera, semenanjung Malaysia dan Kalimantan, khususnya selama periode musim kemarau yang panjang,” demikian statemen komite regional dalam pertemuan di Singapura.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: