Andrypen's Weblog

Just another WordPress.com weblog

HARGA MINYAK MULAI TURUN

Posted by ANDRY pada Juni 5, 2008

Harga minyak menyusut dalam perdagangan di Asia, Selasa (3/6), di tengah berlanjutnya kekhawatiran terhadap permintaan minyak global, kata para dealer.

Kontrak berjangka minyak utama New York, minyak mentah jenis light sweet untuk pengiriman Juli, melemah 46 sen menjadi US$127,30 per barrel.

Acuan kontral telah ditutup pada US$127,76 pada Senin (2/6), di New York Mercantile Exchange.

Harga minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Juli, turun 71 sen menjadi US$127,31 per barrel, setelah mantap pada US$128,02 pada Senin di London.

Tetsu Emori, fund manager di pengelola aset Astmax di Tokyo mengatakan kekhawatiran turunnya permintaan minyak di seluruh dunia akan terus membebani pasar meski data ekonomi dari AS positif.

“Dalam jangka pendek, harga akan mendapatkan dukungan pada US$115,” kata dia.

Harga membuat sebuah rebound sementara dalam perdagangan Senin, setelah indeks aktivitas manufaktur AS dari the Institute for Supply Management (ISM) diumumkan.

Indeks naik menjadi 49,6 pada Mei, melampaui ekspektasi pasar yang memprediksi turun menjadi 48,0 dari 48,6 pada April.

Namun, data tersebut masih mengindikasikan penurunan aktivitas untuk kali keempat bulan berturut-turut, – di atas 50 mengindikasikan pertumbuhan.

Harga minyak mentah telah menyusut sekitar delapan dolar AS sejak mencapai rekor tertinggi US$135,14 di London dan US$135,09 di New York pada 22 Mei.

“Sinyal bahwa permintaan turun mendorong para investor mencari tempat investasi lain yang lebih menguntungkan,” kata pedagang Alaron, Phil Flynn.

“Harga dijaga pada wilayah US$125. Penurunan di bawah level itu dapat membuka kenaikan aksi jual.”

Minyak mentah New York jatuh lima dolar AS pekan lalu, sementara London Brent menyusut sekitar empat dolar AS, penurunan ini sejalan dengan pulihnya mata uang AS yang membuat harga minyak lebih mahan untuk para pembeli asing dan ini menghambat permintaan.

Meski baru-baru ini harga minyak melemah, tingginya biaya minyak mentah telah memicu meluasnya seruan yang dipimnpin AS agar Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) untuk memproduksi minyak lebih banyak lagi.

Acuan harga minyak mentah melesat menembus US$100 untuk pertama kalinya awal tahun ini.

Tetapi, Presiden OPEC Chakib Khelil pada Sabtu, kembali menegaskan kajian kartel tersebut, bahwa tingginya harga minyak belakangan ini akibat ulah para spekulator dan melemahnya dolar AS.

Sementara pada Senin, Menteri Keuangan AS Henry Paulson, dalam sebuah perjalanannya di kawasan Teluk, mengatakan investasi asing di negara-negara produsen minyak dapat membantu pasokan minyak.

“Pada sisi pasokan, kami meminta semuan negara produsen minyak membuka pasar minyaknya kepada investasi asing, yang dapat mendorong pertumbuhan lebih cepat dan lebih efisien,” kata dia dalam sebuah pidatonya di negara kaya minyak Uni Emirat Arab.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: