Andrypen's Weblog

Just another WordPress.com weblog

CPNS 2008-2009

Posted by ANDRY pada Juni 5, 2008

MENURUNYA ANTUSIASME PENCAKER NON-SMA.

Pontianak,-              Pembukaan pendaftaran CPNS formasi 2007 di lingkungan Pemkot Pontianak tidak terlihat mendapat respons pencari kerja seperti tahun-tahun sebelumnya. Bisa jadi, minimnya antusiasme pencari kerja lantaran tidak adanya lowongan untuk formasi SMA.

Pelaksana Tugas Kabid Tenaga Kerja Dinsosnaker dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Pontianak, Mursalim Ibrahim, mengakui tidak terlihat adanya lonjakan pembuatan kartu kuning (kartu pencari kerja) di dinasnya. “Kalau kita bandingkan pada bulan Oktober lalu, pencaker yang berhasil kita data mencapai 3.879 orang. Untuk bulan November sampai tanggal 27, sekitar 1.716 orang,” terang Mursalim.

Mursalim memprediksi kondisi itu disebabkan tidak tersedianya formasi yang berijazahkan SMA atau setingkatnya.

Tidak seperti yang terjadi beberapa tahun belakangan.

Namun untuk bulan Desember 2007, pihaknya diakui Mursalim belum rampung merekap jumlah masyarakat yang datang untuk membuat kartu kerja ini. “Karena staf masih sibuk, jadi datanya belum kita rekap secara keseluruhan,” terangnya.

Mengenai rekap jumlah pencaker yang datang, dijelaskan Mursalim menuturkan pihaknya biasa merekap jumlah pencaker secara keseluruhan pada akhir bulan. Mengenai persyaratan pembuatan kartu kuning ini sendiri dapat berupa, foto copy KTP, dan ijazah terakhir. Dan ditegaskan Mursalim, proses pembuatan kartu kuning ini sendiri digratiskan. Dalam artian tidak dipungut biaya apa pun.

“Jika permintaan kartu kuning membeludak, biasanya kita bekerja lembur. Kalau tidak membeludak paling lama 15 menit kartu kuning sudah selesai dan bisa dibawa pulang,” ungkap Mursalim ramah.

Sementara, salah seorang pencaker Yanto, ketika ditemui mengatakan, pembukaan CPNS ini sangat miris. Karena jumlah yang diminta untuk menjadi CPNS sangat kecil jika dibandingkan permintaan.
“Coba penerimaan CPNS-nya tidak hanya satu dan dua saja, kan peluangnya cukup besar. Kalau begini, kan susah untuk menjadi PNS,” keluhnya.

CPNS Serbu Kantor BKD dan Discapilduknaker.

Ngabang,-              Memasuki hari pertama pendaftaran penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2007 di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Landak, Senin (10/12) kemarin, para calon pelamar mulai menyerbu Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) di Kantor Bupati Landak. Rata-rata para calon pelamar itu hanya ingin melihat dan mencatat syarat-syarat administrasi penerimaan CPNS ini.

Selain BKD, kantor Dinas Catatan Sipil, Kependudukan, Tenaga Kerja dan Pemberdayaan Masyarakat (Discapilduknaker dan PM) Landak juga tak luput dari kunjungan para calon pelamar tersebut. Di instansi pimpinan Frenandus Nyipendi, S.Sos ini, para pelamar mengurus kartu kuning yang menjadi salah satu syarat dalam penerimaan CPNS tersebut.

Kepala BKD Landak Drs. MH Munsin, MH mengakui bahwa animo masyarakat Landak untuk menjadi PNS memang cukup tinggi. “Buktinya, baru dibuka pendaftaran hari ini (kemarin, red) para pelamar mulai memadati kantor BKD untuk melihat pengumuman syarat-syarat penerimaan CPNS. Selanjutnya mereka kita minta untuk mengajukan surat lamaran pada saat pendaftaran nanti. Kemudian akan kita lakukan seleksi administrasi. Jika pelamar memenuhi syarat dalam administrasi, mereka diperkenankan untuk mengikuti tes seleksi. Setelah itu barulah keluar hasil tes yang berdasarkan perengkingan. Selanjutnya peserta yang lulus tes akan diajukan pengangkatan pegawainya. Tapi mereka tetap diminta melengkapi syarat-syarat administrasi,” jelas Munsin yang ditemui kemarin di ruang kerjanya. Ia menambahkan, syarat administrasi untuk melamar dengan pengangkatan memang berbeda. Hal itupun berdasarkan peraturan Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) No. 30 tahun 2007.
Dalam formasi penerimaan CPNS tahun 2007 ini, pemerintah memang lebih memprioritaskan untuk tenaga pendidikan dan kesehatan. Sebab untuk tenaga pendidikan dan kesehatan ini merupakan tenaga pelayanan dasar. “Jadi tenaga pelayanan dasar lebih kita prioritaskan dalam penerimaan CPNS ini. Sebab, kalau tenaga teknis lainnya, walaupun kurang, tapi masih memadai. Tapi kalau kekurangan tenaga pendidikan dan kesehatan, tentu akan menjadi permasalahan yang formal,” ungkapnya. Ia menambahkan, untuk formasi penerimaan CPNS di lingkungan Pemkab Landak tahun 2007 ini akan memerlukan tenaga sebanyak 55 orang. Untuk formasi pendidikan akan diperlukan tenaga sebanyak 21 orang, dengan rincian guru bahasa Inggris sebanyak 4 orang, guru matematika 4 orang, guru biologi 2 orang, guru fisika 2 orang, guru geografi 2 orang, guru bahasa Indonesia 4 orang dan guru agama sebanyak 2 orang. “Sedangkan untuk tenaga kesehatan kita memerlukan 17 tenaga yakni dokter umum sebanyak 7 orang, dokter gigi 2 orang, apoteker 1 orang, D III perawat 3 orang dan tenaga bidan sebanyak 4 orang,” jelasnya. Selanjutnya untuk tenaga teknis lainnya akan diperlukan tenaga sebanyak 17 orang dengan rincian sarjana pertanian 3 orang, teknik industri 1 orang, sarjana kehutanan 1 orang, teknik sipil 2 orang, teknik elektro 2 orang, ekonomi jurusan manajemen 1 orang, jurusan akuntansi 4 orang, teknik komputer 2 orang dan sarjana hukum 1 orang.

Akhir Juni Formasi CPNS 2008 Turun.

BENGKULU – Baru saja usai penerimaan CPNS formasi 2007, pelaksanaan CPNS 2008 sudah di depan mata. Maret mendatang pengajuan formasi 2008, sebanyak 1200 orang akan diajukan ke BKN Pusat. Bila tak ada aral melintang sekitar akhir Juni atau Juli 2008 mendatang formasi tetap sudah disampaikan masing-masing Pemda. Ada kemungkinan formasi ini akan bertambah.
Tahapan selanjutnya tinggal menunggu pedoman pelaksanaan perekrutan CPNS 2008 yang akan dikeluarkan BKN pusat. Di sini nanti akan termuat juklak dan juknis kegiatan. Termasuk rancangan pembukaan lamaran dan pelaksanaan tesnya. Kalau dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya penerimaan lamaran ini diperkirakan bulan Oktober atau November.

“Kalau Pemda maunya jangan terlalu mepet di akhir tahun. Nanti panitia yang repot, akhir tahun kita harus menyusun laporan dan rencana kegiatan tahun 2009. Kalau saya dengar informasi lisan dari Men-PAN begitu. Nanti tetap ada umum dan honorer.

Kalau tata cara di Men-PAN seperti yang dilaporkan Biro Orpeg, mereka rapat dulu dengan staf-staf Men-PAN mana formasi krusial yang diperlukan. Kalau kita kan terkonsentrasi tenaga kesehatan dan strategis. Di sana nanti akan berdebat soal jumlah kuota,” terang Gub.

Saat ini Pemprov masih mempertimbangkan, pembukaan formasi yang sebelumnya kosong. Yakni S-1 Sastra Mandarin untuk penterjemaah, D-3 Koperasi, Penata Gizi dari S-1 gizi dan S-1 produksi pertanian. Pihaknya tak mau rugi formasi lagi.

Ada dua alternatif yang akan dipilih, yakni membuka pengumuman hingga ke nasional atau menggantinya dengan jurusan lain. Gub sendiri, berharap tenaga-tenaga tersebut ada dan diangkat menjadi PNS. “Kita memang butuh, tapi harus dikaji dulu kenapa kok kosong. Masa sih nggak ada anak Bengkulu yang kuliah di luar? Kita lihat lah bagaimana nantinya,” ujar Gub lagi.

Khusus untuk tenaga honorer, ada peluang sisa honorer Pemprov yang berkisar antara 300 orang lebih akan diangkat sekaligus. Karena jumlahnya yang tinggal sedikit. Hanya saja, kalau kuota honorer tahun ini sedikit, bisa jadi dibagi dua.

“Biasanya kuota honorer ini dibagikan setelah formasi tetap umum diterima. Walaupun proses pemberkasan mereka akan dilakukan lebih awal dibandingkan penerimaan CPNS umum. Menurut Biro Orpeg, kita tinggal terima daftar nama yang sudah terregister di BKN pusat,” imbuh Gub.

Formasi CPNS ke BKN

Sementara itu, berkas CPNS umum dan honorer 2007 yang baru saja diterima akan diajukan ke BKN Maret 2008 mendatang. Kemungkinan honorer akan diserahkan ke BKN Palembang dan umum diserahkan ke BKN Pusat.

Walaupun Biro Orpeg lebih sepakat diserahkan ke BKN Palembang, dengan pertimbangan tidak terlalu antri proses keluarnya persetujuan NIP. Pemberkasan honorer sudah tuntas, tinggal tenaga umum yang akan dilaksanakan 18 – 23 Februari 2008. Sebelum pembekasan 16 Februari 2008 CPNS umum ini akan diberi pembekalan mengisi blangko daftar riwayat hidup sesuai dengan petunjuk BKN.

“Kalau proses persetujuan NIP honorer biasanya keluar bertahap. Sedangkan yang umum paling antara 4 – 7 hari. Kalau cepat kita berangkat ke BKN, Maret juga sudah bisa dibagikan petikan SK dari PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian) masing-masing. Tetapi paling lambat untuk CPNS umum akan keluar April,” ungkap Kasubbag Mutasi Bagian Umum dan Mutasi Biro Orpeg, Irsan SEtiawan.

Sampai kemarin, masih ada 9 orang CPNS lagi yang belum mendaftar ulang. Mereka tetap ditunggu hingga 12 Februari 2008 mendatang. Kalau tak juga mendaftar maka kemungkinan akan diganti dengan formasi dibawahnya. Itu pun harus melalui rapat panitia. Bila ternyata nantinya panitia tak sepakat, ada kemungkinan formasi itu dikosongkan.

“Harus rapat dulu, sayang sebenarnya kalau ada formasi yang tidak terisi. Tapi keputusan tetap ada di rapat panitia, yang nantinya akan dihadiri Gub, Wagub dan Sekprov. Kalau kami tidak bisa memutuskan sendiri,” imbuh Irsan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: