Andrypen's Weblog

Just another WordPress.com weblog

KESEJAHTERAAN CPNS

Posted by ANDRY pada Mei 31, 2008

DeMo, MARGASATWA – Pemerintah akan menaikkan gaji pegawai negeri sipil, tentara, polisi, dan pensiunan sebesar 20 persen setiap tahun hingga 2009. Kenaikan gaji akan dimulai pada Januari 2006.

“Pokoknya, kami akan menaikkan gaji 100 persen selama lima tahun,” kata Menteri Koordinator Perekonomian Aburizal Bakrie kemarin.

Kenaikan gaji ini, kata Aburizal, sebagai kompensasi dua kali kenaikan harga bahan bakar minyak selama tahun ini. Ia membantah jika persentase kenaikannya disebut tak sebanding dengan harga bahan bakar minyak yang totalnya naik 150 persen. “Kecil bagaimana?” katanya. “Dengan kenaikan gaji itu, butuh tambahan duit Rp 10 triliun setahun.”

Total anggaran yang harus disediakan pemerintah pusat dengan rencana kenaikan ini adalah Rp 50 triliun hingga pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono berakhir pada 2009.

Aburizal menjelaskan, tahun depan, gaji pegawai negeri dan pensiunan naik 28 persen. Persentase ini terdiri atas 20 persen kenaikan gaji dan 8 persen gaji ke-13 yang masih diberikan pada sekitar Juni atau Juli.

Kenaikan gaji 20 persen tersebut membuat anggaran belanja pegawai naik Rp 4,8 triliun. Sedangkan pemberian gaji ke-13 mengakibatkan belanja pegawai naik Rp 2,8 triliun.

Pemerintah tahun ini tidak menaikkan gaji pegawai negeri. Pemerintah hanya memberikan gaji ke-13 pada Juli. Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang disusun pemerintahan sebelumnya tak mengalokasikan kenaikan gaji. Sedangkan untuk kenaikan gaji tahun depan, Dewan Perwakilan Rakyat sudah menyetujuinya dalam rapat 7 Juli lalu.

Dalam rapat Panitia Kerja B Panitia Anggaran DPR yang membahas belanja negara pada Selasa (25/10) malam, belanja pegawai dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2006 disepakati sebesar Rp 40 triliun. Rencananya, rapat paripurna akan digelar hari ini untuk mengesahkan anggaran tersebut.

Ketua Panitia Kerja Belanja Negara Hafiz Zawawi menjelaskan, anggaran belanja pegawai itu sudah mencakup kenaikan tunjangan fungsional Rp 200 miliar. Khusus untuk prajurit polisi dan tentara, anggaran itu sudah termasuk kenaikan anggaran lauk-pauk dari Rp 20 ribu per hari tahun ini menjadi Rp 25 ribu per hari tahun depan.

Pemerintah dan Dewan hingga tadi malam masih membahas alokasi tambahan belanja untuk membangun sarana dan prasarana di pedesaan. Juga anggaran pembangunan asrama polisi dan tentara, yang dialokasikan Rp 1 triliun.

Dewan setuju menaikkan gaji pegawai negeri karena menilai gaji sekarang sudah tidak memadai. Ketua Panitia Anggaran DPR Emir Moeis sebelumnya mengatakan, “Gaji pegawai negeri sekarang sudah tak manusiawi.”

Kenaikan gaji pegawai negeri ini juga baru pertama kali dalam empat tahun terakhir. Kenaikan gaji terakhir terjadi pada masa pemerintahan Abdurrahman Wahid, sebesar 10 persen. Pemerintah Megawati Soekarnoputri tak menaikkan gaji, tapi menggantinya dengan gaji ke-13, yang sekaligus sebagai pengganti tunjangan hari raya.(https://andrypen.wordpress.com)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: