Andrypen's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Menyambut Windows Server 2008

Posted by ANDRY pada Mei 30, 2008

Setelah menunggu hampir lima tahun sejak Windows Server 2003 akhirnya Microsoft meluncurkan versi terbarunya yaitu Windows Server 2008. Windows Server 2008 akan resmi masuk ke Indonesia tanggal 4 Maret 2008. Tetapi ada yang menarik dari Windows Server 2008 yaitu tersedia e-books bahasa Indonesia yang dapat memudahkan kita mempelajari Windows Server 2008, e-book ini diluncurkan sebelum Windows Server 2008 diluncurkan.

Banyak hal baru yang ditawarkan oleh Windows Server 2008 yang menarik untuk dicoba. Fitur-fitur yang baru tersebut antara lain :

  1. Identity and Access (IDA) enhancements to Active Directory
  2. Network Access Protection (NAP)
  3. Windows Server core installation option
  4. Deployment tools
  5. New and improved server management tools

Dari fitur-fitur baru tersebut, ada yang masih dalam tahap pengembangan atau telah selesai dikembangkan. Yang menjadi daya tarik yaitu Windows Server 2008 menawarkan kemampuan untuk mengontrol sumber informasi yang kita miliki, pengontrolan yang dimaksud adalah kemampuan untuk mangatur hak akses terhapat informasi yang ada. Untuk mengontrol hak akses menggunakan identity dan access management (IDA). Windows server 2008 sangat mendukung IDA karena fungsi dasar dari Active Directory. Active Directory merupakan fitur bawaan Windows Server generasi sebelumnya.

Selain Active Direktori Windows Server juga memasukan Network Access Protection (NAP) platform yang baru. NAP berfungsi untuk memastikan bahwa komputer client sudah dalam keadaan yang sesuai jika tidak maka komputer client tidak diijinkan untuk masuk kedalam jaringan, hal tersebut bertujuan untuk menghindarkan jaringan kita dari worm dan malware yang banyak mengancam sekarang ini.

Dalam Windows Server 2008 juga memiliki pilihan penginstalan Windows Server Core, pilihan  Windows Server Core Installation bertujuan untuk menghilangkan komponen-komponen yang tidak penting pada server kita dan meminimalkan resiko untuk diserang karena aplikasi yang ada pada server terbatas sesuai dengan kebutuhan.

Untuk melakukan deploy pada Windows Server 2008 disediakan tool baru yang disebut Solution Accelerator for Windows Server Deployment dan akan mengandung Windows AIK, imageX, Windows Deployment Services, dan berbagai developer tool lainnya yang support point-and-click, drag-and-drop. Tool ini akan membatu kita dalam deploy windows server 2008.

Dari berberapa fitur baru yang dijelaskan diatas kita pasti akan bertanya-tanya seberapa tangguh windows server 2008 mari kita tunggu dalam acara peluncuran perdanya pada tanggal 4 maret 2008, semoga sedasyat yang dibayangkan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: