Andrypen's Weblog

Just another WordPress.com weblog

BARACK OBAMA

Posted by ANDRY pada Mei 21, 2008

Barack Hussein Obama, Jr. Lahir pada tanggal 4 Agustus 1961 Adalah senator dari lllinois.ia menjadi  perhatian dunia karna pidato utamanya di kovensi nasional partai demokrat 2004, ketika ia masih menjadi senator negara bagian lllinois.Tahun itu juga ia menjadi orang keturunan Afrika pertama yang memenangkan pemilihan senat AS sebagai seorang Demokrat.

Barack Obama dilahirkan di Queen’s Medical Center di Honolulu,Hawaii, dari ayah ekonom lulusan Harvard, Barack Hussein Obama, Sr., dari Kenya, dan ibu Ann Dunham, dari Wichita, kansas. Waktu Obama dilahirkan, kedua orangtuanya adalah mahasiswa di East-Weast Center di Universitas Hawaii d Manoa.

Ketika berusia dua tahun, orangtuanya bercerai. Ayahnya kembali ke Kenya, dan ia hanya bertemu dengan anaknya sekali lagi sebelum meninggal pada 1982. Ann Dunham kemudian menikah dengan Lolo Soetoro (meninggal 2 Maret 1993), juga seorang mahasiswa East-West Center (MA Geografi 1962) dari Indonesia. Pada masa kecilnya Barack menggunakan nama ‘Barry’. Keluarga ini kemudian pindah ke Jakarta di mana adik tiri Obama, Maya Soetoro-Ng, dilahirkan (Obama juga memiliki saudara-saudara tiri dari ayahnya yang menikah lagi). Ketika Obama berusia 10 tahun ia kembali ke Hawaii dan diasuh kakek-neneknya, (Madelyn Dunham) dan kemudian ibunya, untuk pendidikan yang lebih baik. Ia masuk kelas lima di Punahou School di mana ia lulus dengan honors pada 1979.

Perjuangan Obama Jadi Capres Di Buat Film Dokumenter

Los Angeles – Pidato Barack Obama dalam Konvensi Nasional Partai Demokrat tahun 2004 begitu berkesan bagi aktor Ed Norton. Sejak itu, Norton merekam perjalanan Obama dalam bentuk film dokumenter.

“Kami semua terpaku oleh pidato Barack dan bicara bagaimana menyenangkan melihat seseorang dari generasi kita, bukan generasi orang tua kita,” ungkap Norton, seperti dilansir AFP, Kamis (13/3/2008).

Seperti diberitakan AFP, Kamis (13/3/2008), belum ada judul untuk film dokumenter ini. Asisten sutradara Amy Rice dan Alicia Sam telah merekam perjalanan Obama sejak pergi ke Afrika tahun 2006 sampai ke saat-saat Obama merayakan kemenangan di Pemilu permulaan.

Film ini diproduksi Class 5 bekerjasama dengan Ari Emanuel, seorang rekan dari produser film Hollywood Endeabor. Emanuel juga merupakan orang yang berada di balik sukses pemasaran film dokumenter Michael Moore, ‘Sicko’ dan ‘Fahrenheit 9/11’. Emanuel juga saudara laki-laki dari wakil Partai Demokrat Illinois yang juga kencang mendukung Obama.

Barack Obama, Kandidat Presiden AS Yang Pernah Tinggal di Indonesia.

Ini dia tokoh populer di Amerika Serikat saat ini. Bersaing secara ketat dengan Hillary Clinton, Obama menjadi idola dan panutan anak muda Amerika

Karir politik Barack Obama melejit. Kemampuan berpolitiknya ditopang kemampuan retorika yang mempesona, kharisma yang berkobar dan senyum menawan. Itulah yang menjadi perhatian kaum muda yang saat ini sedang kecewa dengan politik modern.Masa Kecil di SDN Menteng 01

Barack Obama, orang kulit hitam pertama yang kini dijagokan jadi calon presiden Amerika Serikat pada Pemilu 2008, dikenang oleh guru dan teman-temannya di SD Menteng, Jakarta, sebagai murid bertangan kidal yang cerdas.

Sosok kepemimpinan Barry memang sudah terlihat sejak bergabung dengan Pramuka sekolah. Pertama datang ke SDN 1 Menteng, Barry tidak bisa bahasa Indonesia. “Dia diantar ibunya, orang bule,” kenang Bandung Winardiyanto, kakak kelas Obama.

Karena teman-teman satu kelas tidak ada yang bisa bahasa Inggris, Barry pun kesulitan berkomunikasi. Layaknya siswa baru yang “antik”, pria kelahiran 4 Agustus 1961 itu kerap jadi bulan-bulanan teman sekolah.“Dia (Barry) dijulukin Si Lentik Barry karena bulu matanya lentik sekali, rambutnya keriting khas orang Afrika,” ceritanya. Selain itu, Si Lentik pun dijuluki Si Hitam karena kulitnya berwarna gelap. “Tapi dia sih cuek aja dibilang gitu,” kata Bandung tertawa.

Meski tak bisa bahasa Indonesia lancar, Barry mudah bergaul dengan teman-teman seangkatan bahkan seniornya. Kenangan terindah bersama Barry ketika camping di sekolah.

“Kami senior dan junior menjabat sebagai Pramuka penggalang,” ungkapnya. Kegemaran Barry main tali-temali dan lomba lari. Pokoknya anaknya tak bisa diam, hiperaktif dan sering bertanya,” terang Bandung. Barry juga sering didaulat menjadi pemimpin regu.

“Dia tak pernah memilih-milih teman sampai suka jajan di kios Kamid,” ceritanya. Kios Kamid berdiri sejak tahun 60-an menjual permen, ciki-cikian (sejenis makanan ringan), dan cokelat. Kami sering jajan bareng,” katanya.

karir Politik, Harapan & Perubahan

Karir politik Obama bermula dari konvensi nasional Partai Demokrat pada 2004. Saat itu orang langsung membandingkan dia dengan tokoh-tokoh semacam Martin Luther King Jr, dan ikon Demokrat, John dan Robert Kennedy.

Sejak itulah ia mengembangkan mantra `harapan dan perubahan`. Ia juga menggambarkan pesaingnya, Hillary Clinton, sebagai simbol sistem politik yang rusak dan harus diperbarui segera.Karena dua tahun di Kongres dan satu periode sebagai legislator lokal, banyak orang menganggap kampanye Obama sekarang prematur. Dalam bukunya The Audacity of Hope, Obama menjelaskan mengapa ia tidak menunggu giliran untuk bertarung masuk Gedung Putih.

Ia mengaku sangat termotivasi dengan ucapan Martin Luther King Jr tentang `kepentingan yang sangat mendesak` bagi sebuah gerakan akar rumput untuk mendesakkan perubahan.

Ia bahkan sering merenungkan harga yang harus dia bayar untuk menyukseskan kampanyenya, yaitu kehilangan waktu untuk sang istri Michelle dan dua anak perempuannya Malia dan Sasha.


Sebagai kaum kulit berwarna, ia kerap menyebut diri sebagai juru bicara generasi mendatang. Secara implisit berupaya memisahkan diri pejuang kulit hitam pendahulunya seperti Jesse Jackson dan Al Sharpton yang saat ikut pemilu presiden kurang mendapat perhatian dari kaum kulit putih.

Dalam sebuah wawancara dengan AFP, Obama mengaku bahwa hidup di Indonesia telah membuka matanya. Ia melihat kesenjangan lebar antara kaum miskin dan kaya di seluruh dunia, serta dampak pergolakan politik pada rakyat jelata.

Setelah tamat sekolah menengah, Obama kuliah di Universitas Columbia, lalu masuk ke Harvard Law School. Di situlah ia menjadi mahasiswa kulit hitam pertama yang menjabat presiden Harvard Law Review, sebuah lembaga yang sangat berpengaruh.Semasa kuliah ia sempat bekerja sebagai pengelola komunitas di Harlem New York dan South Side Chicago, dua wilayah paling keras di AS. Saat itu ia membentuk sebuah keluarga.

Ia pun terjun ke politik di Illinois sebagai pengacara yang membela hak publik. Ia pun berhasil tiga periode menjadi senator negara bagian, sebelum berhasil menjadi senator AS pada 2004. Pidatonya saat itu membuat dunia melihat lahirnya seorang bintang baru politik AS.

“Tidak ada kulit hitam Amerika, kulit putih Amerika, Latino atau Asia Amerika, kita satu bangsa. Kita semua berjanji setia pada bendera Amerika, kita semua mempertahankan Amerika Serikat,” serunya yang mengundang tepuk tangan membahana.

Ibu Barrack Obama-wanita Yg Hebat!

Stanley Ann Soetoro <seorang kulit putih>, ibu Barrack Obama <kandidat calon presiden USA>, ADALAH SEORANG YANG LUAR BIASA. Beliau dinamakan Stanley, karena saat itu kedua orang tuanya menginginkan seorang anak pria. Menginjak remaja, terlihat bahwa beliau adalah seseorang yang mencintai perbedaan dan keanekaragaman budaya. Dia percaya bahwa setiap manusia pada dasarnya sama, apapun warna kulit mereka. Kebencian atas ras tertentu adalah salah, beliau menghargai tiap manusia sebagai pribadi yang unik. Terbukti dengan beliau bertemu dan menikah Obama senior <seorang kulit hitam asal Kenya> , ayah Barrack Obama di Hawai, tempat orang kulit putih membaur dengan orang Asia dan pernikahan antar ras dilegalkan. Stanle Ann adalah sosok yang sangat peduli pada wanita miskin, semangat memikirkan apa yang dapat dilakukan untuk sesama,serta menginginkan persamaan hak antara pria dan wanita. Sejak beliau bercerai dengan Obama senior dan menikah dengan orang Indonesia, kemudian menetap di Indonesia, Ann ingin rakyat kecil di Indonesia mendapatkan kemudahan pinjaman,sehingga bisa digunakan sebagai modal. Oleh karena itu Ann mempunyai sebuah usaha yaitu:Microfinance <di Indonesia menjadi nomor 1 di dunia dengan 31 juta anggota>. Di akhir hidupnya,Stanley Ann meninggal karena kanker indung telur dan rahim.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: